PASAR DAN MENEJEMEN PEMASARAN
Pasar
merupakan tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli. Di pasar penjual dan
pembeli saling bertemu dan menentukan harga. Kegiatan mengelola pasar di sebut
pemasaran,yang bertujuan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusia (1). Pemasaran juga dapat diartikan pelaksanaan
kegiatan usaha niaga berupa arus barang dan jasa dari produsen pada konsumen.
Maka dapat dikatakan,pemasaran merupakan proses mengaktualisasikan potensi
pertukaran dengan tujuan memenuhi keinginan manusia (2).
Menejemen
pemasaran merupakan aktivitas pemasaran yang bertujuan mencapai target sasaran
perusahaan. Dalam lembaga perusahaan,pemasaran di lakukan dengan tujuan mengantisipasi
kebutuhan klien. Tujuan pemasaran oleh perusahaan adalah untuk
mengidentifikasikan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Sasaran pemasaran dalam perusahaan bisnis ialah,untuk memperoleh
keuntungan/laba. Tentunya tujuan pemasaran bukan hanya memasarkan dan
mengiklankan tetapi juga bertujuan untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan.(3)
Menejemen
pemasaran adalah proses analisis dan perencanaan untuk memperoleh keuntungan
bagi perusahaan. Di dalam perusahaan menejemen pemasaran merupakan kegiatan
pokok untuk mencapai tujuan organisasi. Menejemen pemasaran merupakan konsep
menejerial untuk mencapai tujuan bagi organisasi perusahaan bisnis. Dalam
perusahaan bisnis menejemen pemasaran menjadi sesuatu yang penting untuk
menguasai pasar. Karenanya di dalam menejemen pemasaran tersebut di gunakanla
strategi yang berguna bagi perusahaan.(4)
DAFTAR PUSTAKA
1.
Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan
pasar dengan pemasaran efektif dan profitable. https://books.google.co.id/books?id=C75GWtZTd2wC&pg=PA10&dq=pasar+dan+manajemen+pemasaran&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false . DIUNDUH 11/22/2015
2. Sugiarto. 2000. Pengantar bisnis. https://books.google.co.id/books?id=EVfWJ7nbd-kC&pg=PA120&dq=pengertian+pasar&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false . DIUNDUH 11/22/1015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar